INI HALAMAN BLOG

3 Alasan Mengapa Pembayaran Menggunakan Uang Tunai Masih Penting Sangat Diperlukan

pembayaran uang tunai masih penting
Illustrasi uang (Pexels.com)

Sobat EasyPay, pernahkah sesekali kamu memperhatikan bahwa keberadaan uang tunai semakin lama semakin menipis? Bahkan menurut beberapa ramalan konsultan keuangan, uang tunai akan benar-benar tak akan digunakan pada tahun 2020. Karena meningkatnya popularitas dompet elektronik untuk pembayaran online, muncul pertanyaan apakah manfaat uang tunai mulai menghilang? 

Memang tidak ada yang salah dengan pembayaran online dan dompet elektronik. Seluruh pembayaran tagihan dari listrik hingga kebutuhan sehari-hari akan menjadi lebih praktis, aman, dan tentunya mudah dilacak. Sedangkan uang tunai sangat rentan dengan hilang, pencurian, dan sangat sulit untuk dilacak. Namun, dengan menyingkirkan pembayaran uang tunai sebenarnya memiliki beberapa risiko yang akan berdampak pada masa depan keuangan individual.
 

Walaupun pembayaran ini mudah dan klasik, tapi sesungguhnya uang tunai masih sangat diperlukan loh untuk seluruh lapisan masyarakat. Berikut ini, empat alasan mengapa kamu harus tetap menggunakan uang tunai sebagai pembayaranmu. 

Diterima (hampir) Di mana Saja 


Tidak seperti Visa dan Master Card, pembayaran uang tunai diterima hampir di seluruh warung, toko, dan merchant. Sebagian besar pedagang di Indonesia akan senang hati menerima pembayaranmu dengan uang tunai. 

Di tambah lagi, kalau kamu sedang ‘jajan’ di warung-warung kaki lima. Warung seperti ini tentunya tidak memiliki mesin EDC yang bisa menawarkanmu pembayaran secara non-tunai. Warung-warung ini tidak ingin repot-repot membayar pajak pada bank penyedia mesin EDC. Hingga saat ini pembayaran dengan uang tunai masih menjadi pembayaran yang digemari oleh beberapa lapisan masyarakat di Indonesia.

Tidak Ada Batas Minimal Pembayaran


Apa yang akan kamu lakukan ketika kamu sedang berjalan di suatu tempat dan tiba-tiba kamu butuh untuk membeli satu barang saja? Mencari swalayan yang bisa menerima kartu debit dan kredit?

Sobat EasyPay, penggunaan dompet elektronik, kartu debit, dan kartu kredit memang sangat nyaman namun sayang seluruh metode pembayaran ini memiliki ‘limit’ pembayaran minimal yang harus kamu penuhi.

Kalau kamu tidak memenuhi limit tersebut, kamu harus menambah jumlah barang agar kamu bisa menggesek kartumu atau scan QR untuk pembayaran ke merchant tersebut. Hal ini justru menambah biaya yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Di akhir bulan ketika kamu menghitung kembali pengeluaranmu, coba cek deh berapa biaya yang kamu keluarkan untuk hal-hal yang ‘kurang berguna’.

Baca juga : Kesalahan Ini Sering Dilakukan Wanita Dalam Mengelola Keuangan

Tidak Dikenakan Biaya Transaksi 


Coba deh, berapa banyak 
e-commerce atau bank-bank yang membebanimu dengan biaya transaksi walaupun kamu cuma membeli pulsa. Begitu pula ketika kamu menarik uang dari mesin ATM di bank yang berbeda. Menarik tunai menggunakan kartu kredit juga dikenai biaya transaksi dan bahkan bunga perhari yang cukup besar

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *