INI HALAMAN BLOG

4 Tips Luar Biasa Untuk Menciptakan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda

loyal customer
Illustrasi wanita di supermarket (Pexels.com)
Bangun rasa setia, Rame toko Anda
 
Apa aset terbesar bisnis Anda? Jawabannya : pelanggan. Tanpa pelanggan yang setia, Anda akan kesulitan dalam menjalankan bisnis Anda. Memang sih, kita bisa saja membuat berbagai macam promosi untuk mendatangkan pelanggan baru. Tapi jika Anda tidak membangun hubungan, pelanggan Anda tidak akan kembali atau pun menawarkan produk / jasa Anda kepada orang lain. Yuk, kita simak beberapa tips membangun hubungan dengan pelanggan Anda.
 

Dengarkan Mereka

 
Apa dasar dari sebuah hubungan yang baik? Komunikasi yang lancar. Dan apa yang kita bisa lakukan untuk membangun komunikasi? Berikan perhatian lebih dengan mendengarkan apa yang mereka butuhkan. Walaupun Anda sibuk sekali, berikan waktu ekstra walaupun sedikit untuk memerhatikan pelanggan Anda.
 

Selalu Profesional

 
Jangan kaget kalau Anda mendapatkan pertanyaan aneh dari pelanggan Anda. Tidak semua yang datang ke toko Anda sudah mengerti sepenuhnya mengenai produk / jasa yang Anda berikan. Ingat : apa yang mereka tanyakan ke Anda adalah sesuatu yang penting bagi mereka. Jadi jika mereka merasa disepelekan, niat mereka untuk berbelanja akan turun dengan drastis.
 
 

Berikan Solusi

 
Saat sedang sibuk, terkadang ingin sekali untuk mengusir pelanggan yang mencari produk / jasa yang kita tidak sediakan. Namun yang membedakan bisnis yang berhasil dengan yang tidak adalah kemampuan dalam memberikan solusi. Jika produk / jasa yang mereka butuhkan tidak tersedia, kita dapat memberikan alternatif yang mungkin cocok. Sikap kita yang siap menolong, akan memberikan nilai positif lebih kepada para pelanggan, dan mereka akan dengan senang hati kembali menggunakan jasa kita.
 

Dapatkan Feedback (Masukan)

 
Setiap masukan dari pelanggan Anda sangatlah berharga. Bisa saja, ide luar biasa yang akan meningkatkan bisnis Anda akan datang dari salah satu pelanggan Anda. Dan dengan mendengarkan masukan dari mereka, Anda juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan keinginan mereka.
 

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *