INI HALAMAN BLOG

5 Tips Ini Bisa Bikin Liburanmu Seru Tapi Hemat Maksimal

Illustrasi liburan hemat (Pexels.com)

Pekerjaan menumpuk dengan deadline yang super ketat tentunya membuatmu sedikit tertekan. Hal ini membuat libur panjang menjadi momen terbaik untuk santai melepas penat. Liburan ke manapun akan terasa sangat menyenangkan dan puas. Apalagi jika kamu menghabiskan waktunya bersama orang-orang tersayang, pasti makin seru deh!

Libur Natal dan Tahun Baru tampaknya mulai mendekat, nggak ada salahnya buat merencanakan liburanmu dari sekarang. Perencanaan plesiran, mau dalam atau luar negeri tentunya perlu penyesuaian baujet dong. Jangan sampai gara-gara ngejar gengsi, ujung-ujungnya malah bermasalah dengan instansi keuangan.

Agar terhindar dari masalah ini, jangan lupa untuk menyimpan uangmu sebelum liburan, ya. Tahu sendiri kan, akhir tahun adalah high peak season itu artinya semua biaya seperti pesawat, hotel, sewa kendaraan jadi lebih mahal. Jadi, kalau kamu nggak pengen kantong jebol di awal tahun kamu harus pinter-pinter merencanakan liburanmu.

Baca juga : Niat Menabung? Ini Dia Jumlah Uang yang Harus Kamu Tabung Setiap Bulannya

Tapi jangan takut, tips-tips ini bisa membantumu menghemat bujet liburan akhir tahunmu. Jadi penasaran kan?

Tentukan Tujuan Liburan


Sebelum kamu membolak-balik brosur travel atau membaca tempat paling
recommended buat liburan akhir tahun, mendingan kamu tentukan dulu prioritas yang ingin kamu lakukan dalam perjalananmu. Misalnya saja, apakah kamu hanya ingin jalan-jalan atau berbelanja?

Di sisi lain, kalau prioritasmu adalah mendalami budaya sebuah negara, maka kamu bisa belajar sejarahnya selama beberapa hari dengan destinasi yang tidak begitu banyak. Dengan begitu, kamu bsia mencapai tujuan tersebut dengan mudah dan murah.

Ngomong-ngomong prioritas nih, ada beberapa tujuan umum yang ingin dicapai oleh kaum kekinian ketika liburan, yaitu:

  1. Mendalami budaya yang berbeda
  2. Santai
  3. Wisata Kuliner
  4. Sekedar mencari pengalaman yang berbeda

Dengan menentukan tujuan dari liburan ini, kamu bisa berfokus pada cara terbaik untuk mencapainya. Jika kamu mencari pengalaman budaya yang luar biasa, maka kamu bisa tinggal di hostel atau bahkan tinggal bersama penduduk dan ikut hidup bersama mereka selama beberapa hari.

Rencanakan Bujet Liburanmu


Sobat EasyPay, tahukah kamu dengan memesan itinerary perjalanan tanpa rencana apapun bisa sangat membahayakan kondisi keuanganmu di masa depan. Sulit memang untuk terhindar dari godaan harga tiket murah, ulasan hotel yang mengagumkan, serta berbagai tempat wisata yang luar biasa megah. Tapi, semua hal ini justru akan membuatmu mengeluarkan bujet yang lebih dari yang kamu rencanakan.

Cara termudah untuk merencanakan hal ini adalah dengan melihat anggaran pribadi dan jumlah tabungan yang kamu miliki. Tapi diingat, jangan pernah kamu menghabiskan uang hanya dalam satu kali liburan saja, karena hal tersebut akan mempersulit keuanganmu di masa depan. Untuk itu, beri sedikit sisa sekitar 10 hingga 20 persen dari tabunganmu.

Cari Alternatif Selain Hotel


Selain menentukan tujuan, kamu juga bisa menghemat biaya perjalanan dengan mencari tempat tinggal alternatif. Kalau menurutmu hotel terlalu mahal, kamu bisa menggunakan beberapa alternatif di bawah ini:

  • Hostel

    Ketika bepergian ke luar negeri, hostel menawarkan penginapan murah dan terkadang bahkan mereka memberikan makan secara gratis untuk wisatawan. Kekurangannya adalah mungkin kamu harus berbagi kamar dan kamar mandi dengan wisatawan lain. Buat kamu yang pengen ngejar ‘budaya’ hal ini tentunya sangat benefisial untukmu. Tak hanya bisa berhemat, kamu bisa menemukan teman travelling selama kamu di luar negeri.
  • AirBnB

    Saat ini banyak pemilik rumah yang sering menyewakan tempat tinggal mereka kepada wisatawan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan hotel. Kekurangannya hanyalah kamu tak akan mendapatkan fasilitas layaknya di hotel, seperti sarapan, servis kebersihan, atau mungkin kolam renang. Penyewaan ini sangatlah bagus untuk kamu yang sedang plesiran bersama teman-teman dalam jumlah yang cukup banyak. Dibandingkan memesan satu kamar, kamu bisa memesan satu kodominium dengan harga yang sama dengan satu kamar hotel. Murah meriah bukan?
  • Tinggal Di Rumah Teman

    Pernah nggak kamu ngerasain betapa hematnya tinggal bersama sanak keluarga atau teman yang berada di kota tujuanmu? Kalau kamu cukup beruntung memiliki teman di negara tujuanmu bisa menjadi salah satu kiat untuk memangkas biaya akomodasimu hingga setengah harga loh!

Rencanakan Perjalanan Lebih Singkat


Apapun tujuan liburanmu relaksasi atau eksplorasi, kamu tak perlu melakukan perjalanan terlalu lama untuk mendapatkan pengalaman yang kamu inginkan. Buatlah perencanaan liburan yang lebih pendek namun bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan liburan yang lebih lama. Dengan ini, kamu bisa menghemat biaya cukup banyak.

Perjalanan yang lebih singkat dapat membuatmu lebih menghargai waktu lebih baik. Bahkan jika liburanmu berada dalam negara asalmu. Dengan memotong waktu perjalananmu, kamu hanya perlu menyambangi tempat-tempat yang ingin kamu datangi. Tak hanya itu, kamu juga dapat memotong biaya akomodasi serta transportasi selama di sana.

Travelling Bersama-sama Teman


Plesiran bersama teman kurang lebih bisa membantumu untuk menghemat beberapa biaya, misalnya biaya akomodasi, makan, dan beberapa biaya kecil lainnya. Biaya kecil ini meliputi tiket tol atau mungkin biaya bensin. Coba kamu hitung deh, kalau kamu bepergian dengan 4 orang temanmu, dengan total 5 orang dalam satu grup perjalanan. Kalian menggunakan layanan AirBnB dengan harga condominium Rp 600.000,-/hari di mana kamu bisa memasak di sana. Kamu mengambil perjalanan selama 5 hari 4 malam.

Akomodasi :  Rp 2.400.000:5 = Rp 480.000

Dibandingkan kamu harus mengambil hotel yang dibandrol dengan harga 300.000 – 400.000 dengan hanya kapasitas maksimal 1-2 orang saja. Itu artinya kamu harus mengambil 2 kamar yang pada akhirnya mengeluarkan uang sebesar Rp 800.000,-/hari.

Biar makin asyik dalam mengelola keuangan dan pembayaran tagihan, unduh EasyPay Mobile di sini.

Tombol Aplikasi

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *