INI HALAMAN BLOG

Acara Tahun Baru Bikin Bokek? Cegah Dengan Tips Ala EasyPay Berikut Ini

Tips Anti Bokek Ala EasyPay
Liburan tahun baru dijadikan sebagai kesempatan setiap orang untuk berlibur dan berkumpul bersama orang terdekat kita. Namun terkadang kita lupa atau bahkan tidak teliti dalam mengatur dana yang sudah kita keluarkan untuk berlibur. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar setelah liburan tahun baru kemarin supaya tidak bokek dan tidak ada lagi tagihan serta hutang baru. 
 
Buat Daftar Pengeluaran Selama Liburan
 
Daftar pengeluaran yang telah dibuat dapat dibandingkan dengan anggaran pengeluaran yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika menghabiskan terlalu banyak, Anda dapat gunakan dana darurat atau tabungan yang telah dilakukan. Jika terdapat sisa, gunakan untuk kebutuhan yang biersifat produktif dan mulailan berinvestasi atau menabung.
 
Lunasi Hutang Yang Dipakai Untuk Liburan
 
Jika Anda menggunakan cara ini untuk berlibur, sebisa mungkin selesaikan dahulu utang-utang tersebut agar tidak semakin besar pengeluaran yang Anda harus keluarkan setiap bulannya. Untuk selanjutnya, mulailah menabung untuk dapat berlibur dan jangan lagi menggunakan utang.
 
Jual Aset
 
Bukan dengan jual emas atau barang berharga lainnya. Anda bisa menjual barang bekas atau yang tidak digunakan yang masih layak daripada tidak dimanfaatkan di rumah. Jangan pernah merasa rugi atau takut dalam menjual asset pribadi Anda, karena setelah itu Anda dapat pengalaman baru yang akan membuat kualitas hidup Anda meningkat.
 
Gunakan Data Darurat
 
Sesuai kegunaannya, dana darurat digunakan untuk kebutuh mendesak. Dana darurat yang dapat digunakan adalah 10 persen dari total pengeluaran Anda selama liburan. Dana darurat digunakan untuk hal-hal yang tidak masuk budget liburan misalkan kecelakaan kecil. Tapi, jika dana darurat Anda masih utuh setelah liburan, Anda masih bisa memiliki cadangan dana untuk melanjutkan hidup minimal satu bulan ke depan.
 
Manfaatkan Promo atau Diskon Untuk Berhemat
 
Dengan cara ini, Anda bisa menekan biaya pengeluaran setelah liburan. Carilah informasi sebanyak  mungkin di tempat-tempat pusat perbelanjaan yang menunjang kebutuhan hidup Anda agar bisa melangsungkan hidup minimal sebulan ke depan.
 
Sesuaikan Liburan Dengan Anggaran
 
Untuk selanjutnya, sesuaikan rencana liburan Anda dengan anggaran yang sudah dibuat. Cara ini sebenarnya merupakan cara yang paling ampun supaya tidak bangkrut seusai liburan. Jangan menghabiskan biaya untuk berlibur melebihi dari anggaran yang sudah ditentukan yang nanti malah membuat Anda kelabakan setelah selesai.

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *