INI HALAMAN BLOG

Biaya Ini Harus Kamu Pikirkan Sebelum Membangun Startup

Startup Office
Illustrasi kantor startup (Pexels.com)

Sobat EasyPay, membangun sebuah bisnis memang menjadi mimpi seluruh masyarakat milenial. Sebagian besar dari kaum millenial menginginkan untuk kerja secara mandiri dan tidak dibatasi dengan peraturan kantor yang mengikat. Namun, sebaliknya bagi kaum wirausahawan menjalankan bisnis startup tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hal dan rintangan yang harus dihadapi oleh para wirausahawan, seperti modal serta strategi bisnis yang akan dijalankan. Salah-salah mengontrol keuangan dan strategi bisnis, bisa-bisa bikin bisnismu anjlok dan malah rugi.

Untuk itu, sebelum kamu memantapkan diri untuk menjadi wirausaha dan membuka usahamu startup-mu sendiri, ada baiknya kamu pikirkan beberapa biaya yang harus dipertimbangkan sebelum membuka sebuah bisnis. Apa saja ya biayanya? Mari kita ulas satu per satu!

Peralatan Bisnis


Sobat EasyPay, percayalah bahwa semua jenis bisnis akan membutuhkan peralatan bisnis. Bahkan ketika kamu menjalankan bisnis online, kamu harus memiliki beberapa perangkat untuk menjalankan bisnismu, misalnya saja PC atau Laptop untuk berkomunikasi, kertas dan pulpen serta alat pembayaran. Hal-hal seperti ini tampaknya sepele, namun sangat
crucial jika kamu mengindahkannya.

Apalagi kalau kamu ingin mendirikan bisnis kuliner yang mengharuskanmu untuk menyiapkan beberapa peralatan bisnis, seperti cangkir plastik/gelas/gelas plastik, mesin pembuat makanan atau minuman, dan lain-lain.

Cobalah dari sekarang untuk menyusun daftar barang-barang apa saja yang diperlukan jika kamu ingin membangun sesuatu. Susunlah dengan rapi dalam program Excel lalu buatlah sebuah riset mengenai harga dari barang-barang tersebut.

Ruang Kantor


Pada titik tertentu, bisnismu akan tumbuh dan dan berekspansi. Ekspansi sendiri merupakan salah satu standar pertumbuhan suatu startup. Dengan ruang kantor, kamu bisa dengan leluasa mengembangkan bisnismu bersama kolega dan karyawan lainnya. Kisaran kantor berada dalam harga Rp 10juta hingga Rp 1 miliar tergantung pada ukuran kantor serta layanan yang kamu berikan.

Marketing


Aspek terpenting dalam memperkenalkan bisnismu adalah dengan strategi marketing yang tepat. Hal tersebut membuatmu perlu untuk membuat kartu nama, spanduk, dan beberapa perlengkapan pemasaran lainnya. Selain itu, kamu bisa menggunakan iklan berbayar.

Namun, menurut beberapa konsultan, kamu tidak boleh banyak mengeluarkan uang untuk marketing. Bahkan, mereka merekomendasikan agar total biaya pemasaran berada di bawah 10 persen dari anggaran. Hal ini dikarenakan karena tak semua strategi dapat berhasil sehingga kamu bisa memiliki sedikit tabungan untuk melakukan marketing lainnya. Di era teknologi ini, kamu bisa menggunakan media sosial untuk menjangkau audiens targetmu.

Kebutuhan dan Perabot Kantor


Apabila kamu sudah memiliki kantor, maka kamu harus memperhitungkan beberapa kebutuhan dan perabot kantor, seperti meja, kursi, telepon, dan stop kontak. Tak hanya itu saja, barang-barang kantor seperti lemari arsip, printer, kertas, dan perangkat lunak komputer juga sangat dibutuhkan untuk menjalankan sebuah bisnis startup. Seperti yang kamu bayangkan, selama tahap proses ini kamu akan melihat biaya yang sedikit meroket. Namun, biaya ini akan bervariasi dari satu bisnis ke bisnis lainnya. Misalnya furnitur yang kamu gunakan serta merek yang akan kamu gunakan.

Situs Web


Berbisnis di era digital seperti ini tentunya juga mengharuskanmu untuk memiliki situs web untuk mengenalkan perusahaan dan bisnismu. Situs web profesional ini bisa kamu gunakan sebagai interaksi antara konsumen dengan perusahaan.

Dalam situs web, kamu perlu menyediakan beberapa informasi penting, seperti informasi kontak, jam kerja, produk atau layanan yang kamu tawarkan, dan lain-lain. Ketika mencari produk, banyak konsumen yang lebih memilih untuk melihatnya via online. Sayangnya, lebih dari 59 persen dari usaha kecil kehilangan konsumen potensial mereka dikarenakan tak adanya website yang dibuat oleh sang perusahaan.

Jika ingin mendirikan sebuah website yang murah, kamu bisa memulainya dengan merekrut seorang freelance web developer sehingga kamu dapat membuat sebuah website ciamik dengan bugdet rendah.

Baca juga : Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Jadikan Resolusi 2019 Nanti, Mau?

Download aplikasi easypay

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *