INI HALAMAN BLOG

5 Tips Kece Negosiasi Gaji

Negosiasi Gaji

Memiliki pekerjaan sesuai minta dan bakat yang kita miliki, dengan gaji yang diidamkan, pasti sudah menjadi mimpi banyak orang. Tapi untuk mencapai mimpi itu, banyak langkah yang harus dilalui, mulai dari proses belajar, pencarian kerja, hingga mengikuti tes untuk masuk ke perusahaan yang dituju. Salah satu proses yang harus di lalui adalah proses wawancara atau interview. Dalam proses interview kita diberi kesempatan untuk negosiasi gaji sesuai kemampuan dan keinginan kita.

Tapi untuk Anda, Sahabat EasyPay, yang masih bingung dalam bagaimana melakukan negosiasi gaji yang tepat dan benar, EasyPay punya beberapa tips kece yang bisa Anda perhatikan dalam melakukan negosiasi yang baik. Apa saja ya? Yuk simak di post ini!

Lakukan Riset Tentang Bidang Terlebih Dahulu

Anda wajib untuk cari tahu tentang informasi data gaji untuk posisi yang ingin Anda lamar. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satu nya adalah dengan searching di beberapa situs terpercaya atau dengan tanyakan pada teman-teman Anda yang menduduki posisi tersebut tentang berapa kisaran yang layak di dapatkan baik untuk fresh graduate atau professional.

Pelajari Harga Jual dan Skill Anda

Saat wawancara atau proses negosiasi, katakanlah sema tentang pencapaian Anda, yang sudah dicapain sebelumnya dan skill-skill yang Anda sudah bisa kuasai. Anda juga dapat mempertimbangkan kembali riwayat pekerjaan dan gaji yang sudah diterima sebelumnya. Jangan lupa untuk sesuaikan pekerjaan dengan pendidikan Anda, tentang tugas di perusahaan yang sedang di lamar. Bagaimana pun juga, Anda layak untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Perhatikan Waktu Negosiasi Yang Tepat

Ada baiknya jika Anda ceritakan dahulu sebanyak mungkin tentang kelebihan, pengalaman, kemampuan Anda beradaptasi dan kesesuaian latar belakang pendidikan dengan posisi yang Anda tuju. Buktikan bahwa Anda sudah berpengalaman sehingga Anda dan perekrut akan dengan lebih nyaman dalam memperhitungkan dan mengakomodasi gaji yang sesuai dengan harapan dan kemampuan Anda.

Sebutkan Angka Secara Spesifik

Setelah melakukan riset, Anda dapat menentukan gaji yang di harapkan secara spesifik. Hindari negosiasi gaji dalam bentuk kisaran. Dengan cara ini, Anda telah memberikan kesan bahwa Anda sudah berpengalaman, tegas, memperhitungkan segalanya, dan Anda dapat menghargai diri sendiri.

Jangan Terlalu Kaku Dengan Sasaran Angka

Khususnya untuk Anda para fresh graduate, meskipun sudah memiliki angka spesifik, Anda juga harus mempertimbangkan dahulu akan gaji yang sudah ditawarkan oleh perusahaan yang sedang Anda lamar. Jangan lupa, prioritas Anda adalah kesempatan bekerja di perusahaan tersebut dan membuktikan kemampuan Anda. Khususnya untuk Anda yang belum memiliki pengalaman bekerja. Tapi jangan takut, karena umumnya perusahaan-perusahaan besar tertentu menawarkan banyak tunjangan dilain gaji pokok yang diterima.

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *