INI HALAMAN BLOG

Buka Bisnis Sendiri? Harus Tahu Biaya-Biaya Ini

EXCEL
Personal monthly budget (Pexels.com)
Siapa yang ingin memiliki bisnis sendiri? Sebelum itu, kita harus ingat bahwa membuka bisnis sendiri memerlukan biaya. Kalau kamu menggunakan aplikasi EasyPay untuk berjualan, ada banyak biaya yang sudah terpotong, sih, karena aplikasi EasyPay bias dipakai oleh siapa saja untuk memulai bisnis mereka. Namun, tetap ada hal-hal yang harus direncanakan dari awal agar bisnis yang kamu buat sukses.
 
OVERHEAD
 
Overhead adalah berbagai macam biaya yang perlu dikeluarkan untuk menjalankan bisnis kamu. Dari menyewa lokasi, membayar pegawai, stok barang, sampai pembayaran listrik toko. Contohnya, dengan lokasi yang lebih ideal, pelanggan akan lebih mudah menemukan kita, dan  akhirnya pemasukan akan lebih cepat ketimbang pengeluaran, kan?
 
STAF
 
Jangan sampai demi penghematan biaya, kamu memilih pegawai yang tidak sesuai dengan kriteria, hanya karena dapat memberikan gaji minimal. Padahal, pegawai yang puas akan memberikan jauh lebih banyak untuk perusahaan mereka. Coba tawarkan kerja magang untuk mahasiswa kuliah yang butuh pengalaman, untuk memotong biaya. Dan untuk pekerjaan yang bersifat projek, kamu bisa cukup memperkerjakan tim paruh waktu.
 
RISET
 
Menang tanpa senjata hanya terjadi di film. Sebelum terjun ke sebuah bisnis, lakukan riset yang mendalam. Cari tahu apa yang pebisnis lain di bidang yang sama lakukan agar sukses. Cari tahu apa yang mereka lakukan sehingga gagal. Semakin dalam risetmu, semakin efesien biaya yang akan kamu keluarkan.
 
 
IJIN, LISENSI, DAN ASURANSI
 
Kebanyakan bisnis akan memerlukan inspeksi dan otorisasi sebelum mendapatkan ijin berusaha. Ada tipe usaha yang hanya memerlukan ijin standar, dan ada yang memerlukan ijin khusus. Biaya yang dikeluarkan di sini, walau terkadang terasa merepotkan, sebenarnya sangat penting. Jangan sampai usaha yang kamu bangun dengan capai tiba-tiba ditutup hanya karena tidak memiliki ijin yang tepat.
 

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *