INI HALAMAN BLOG

Cara Jitu Untuk Mengurangi Biaya Operasional Kantor

Operasional Kantor
Illustrasi kantor (Pexels.com)

Sebagai seorang pengusaha kamu pasti menyadari saat kamu merintis bisnis pertama kali, kamu memulainya dengan margin yang sangat tipis. Oleh karena itu, hampir seluruh pemilik bisnis startup selalu mencari cara untuk tetap mempertahankan laba yang sehat.

Profit sendiri hanya bergantung pada dua faktor: pendapatan dan biaya yang dikeluarkan. Untuk mencapai margin yang lebih tinggi, kamu hanya memiliki dua pilihan strategi, yaitu: meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya.

Sayangnya, di dalam bisnis kedua strategi tersebut harus berbanding lurus. Jika pendapatan meningkat, maka biaya produksi pun meningkat. Sedangkan jika pendapatan berkurang maka kamu harus mengurangi biaya.

Dalam penerapannya, mengurangi biaya memang jauh lebih mudah. Merampingkan pengeluaran akan berdampak langsung untuk keuntungan kamu. Pemotongan biaya sendiri bisa dibilang menjadi cara termudah untuk meningkatkan profit usaha startup. Memperkenalkan metode pengendalian biaya yang sistematis dapat berefek pada penghematan secara langsung. Pada saat yang bersamaan, hal tersebut juga memastikan margin laba yang kompetitif dalam jangka yang cukup panjang.

Pertanyaannya adalah, cara apa saja yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi biaya operasional sehingga dapat dimaksimalkan secara efisien?

Memanfaatkan Teknologi


Tahukah kamu bahwa mempekerjakan sebuah tim, kamu tak hanya mengeluarkan uang untuk penggajian saja namun juga pajak, biaya kesehatan, pesangon, dan lain-lain. Tak hanya itu, kamu juga perlu menambah beberapa aset seperti meja, kursi, laptop, dan masih banyak lagi. Hal ini sepele tetapi terkadang pemilik bisnis kurang mengerti efek panjang dari perekrutan tim.

Baca juga: Mengenal Deretan Accounting Software yang Banyak Digunakan Oleh Bisnis Kecil

Jika bisnis kamu belum begitu besar, maka kamu bisa memanfaatkan teknologi yang sekarang ditawarkan oleh beberapa perusahaan. kamu cukup merekrut satu orang yang mampu menggunakan software untuk devisi yang bersangkutan. Misalnya saja, rekrut satu atau dua orang lalu gunakanlah software akuntansi yang tak hanya dapat digunakan akuntan saja. kamu bisa memilih software yang juga mampu mengerjakan pekerjaan payroll, team management, dan lain-lain. Jadi, kamu tak perlu repot-repot merekrut banyak orang dalam satu tim, kamu hanya perlu merekrut satu orang yang dibantu dengan software dengan harga terjangkau.

Rekrut Freelancer


Seperti yang diketahui di atas, biaya merekrut seseorang tak hanya terhitung dari gaji saja melainkan banyak hal lain yang perlu kamu pikirkan. Itulah mengapa banyak bisnis kecil yang beralih merekrut
freelancer untuk mengerjakan pekerjaan ad-hoc atau sementara. Beberapa freelancer yang saat ini sedang nge-tren adalah graphic design, web-developer, copywriter, content writer, social media, dan bahkan admin.

Menurut beberapa pakar bisnis, mempekerjakan freelancer dan anak magang menjadi salah satu strategi penghematan biaya operasional yang luar biasa. Ketika kamu mempekerjakan seseorang dengan status full-time, kamu perlu membayar gaji mereka bahkan ketika proyek telah selesai. Sedangkan untuk pekerja lepas, kamu tak perlu membayar mereka ketika tidak ada pekerjaan.

Maksimalkan Media Sosial Untuk Strategi Pemasaran


Seperti yang sudah dijelaskan di atas, memaksimalkan teknologi mampu mengurangi biaya operasional bisnis kamu. Contohnya lebih memilih
software ketimbang merekrut seseorang dengan harga yang lebih mahal.

Hal tersebut sama halnya dengan strategi pemasaran. Dewasa ini, internet terutama media sosial menjadi salah satu alat untuk melakukan promosi. Selain menghemat waktu dan sumber daya, content marketing dan digital marketing dinilai lebih efisien dalam biaya. kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk banner, shopblind, dan spanduk. kamu cukup membuat konten yang viral dan gambar yang menarik.

Untuk itu, memaksimalkan media sosial sangat berpengaruh terhadap biaya operasional sebuah perusahaan.

Baca juga: Tips Jitu Membangun Bisnis Modern Untuk Para Millenial ala EasyPay

Memaksimalkan biaya operasional memang sangat sulit dilakukan. kamu harus melihat tagihan, cicilan, dan pendapatan secara bersamaan. Tapi, kunci dari biaya operasional sendiri adalah pertumbuhan pendapatan. Pendapatan yang stabil akan membuat kamu semakin termotivasi. Untuk itu, jangan mengejar biaya seminimal mungkin tapi pikirkanlah bagaimana mendapatkan laba secara terus meningkat.

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *