INI HALAMAN BLOG

Deretan Produk Bisnis yang Bisa Disulap Dari Ban Bekas

ban bekas
Illustrasi kumpulan ban bekas (Pexels.com)

Tidak ada habisnya memang kalau sudah membahas bisnis dari barang yang sudah tak terpakai. Ada saja peluang baru yang bisa kamu temukan seputar bisnis ini. Ketika banyak orang melihat barang yang sudah tak terpakai sebagai barang tidak bernilai, masih saja banyak orang yang melihat ini sebagai komoditas pundi-pundi uang dengan modal yang kecil. Salah satunya adalah ban mobil bekas.

Walaupun barang ini terlihat seperti barang bekas yang tak berguna, rupanya sampah sampah ban bekas ini bisa jadi sumber pundi uang bagi yang bisa memahaminya. Malah bisnis ini akan mendatangkan kesempatan untuk menembus pasar ekspor. Nah, apa saja ya kira-kira yang bisa kamu olah dari ban bekas ini? Yuk, baca info berikut ini.

Bisnis Serbuk Karet

Perlu diketahui bahwa membuat serbuk karet bukan hanya mengumpulkan ban bekas dan ditumpuk saja. Tapi mengubah karet kualitas tinggi menjadi serbuk karet yang berharga cukup mahal.

Itulah sebabnya kamu perlu memiliki limbah karet dari jenis kualitas tinggi sehingga kamu bisa menghasilkan serbuk karet berkualitas tinggi pula. Serbuk karet dari bahan karet biasanya masuk dalam kategori serbuk karet kualitas dua. Pasalnya, kalo faktor kemurniannya menurun, maka kualitas dan daya fleksibilitasnya juga tidak akan sebaik serbuk karet original.

Baca juga: Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Jadikan Resolusi 2019 Nanti, Mau?

Kalau membicarakan harga, serbuk karet original sendiri sebenarnya fluktuatif; mengikuti gerakan harga pasar komoditi internasional. Karena ini, banyak pengusaha merasa direpotkan. Harga serbuk original bisa bergerak dari Rp. 7000,- sekilo sampai Rp. 40.000,-. Mengagumkan, bukan?

Perabotan Sehari-Hari


Selain dijadikan serbuk karet, ban bekas ternyata bisa disulap menjadi sebuah karya seni, loh. Kita bisa mengambil contoh dari warga Surabaya, Jawa Timur. Para seniman ini mampu menyulap ban bekas menjadi kerajinan tangan yang cukup unik dan bernilai jual cukup tinggi. Salah satu kerajinan tangan yang paling banyak dicari adalah menyulap ban mobil bekas menjadi tempat sampah, kursi, dan lain-lain.

Tapi perlu diingat bahwa kerajinan ini memang memerlukan keahlian khusus dikarenakan bisnisnya yang menjanjikan. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pesanan yang datang dari pemkot Surabaya.

Baca juga: Menilik 5 Usaha Potensial Untuk Kamu yang Tinggal Dekat Kampus

Sang seniman akan mengambil berbagai jenis ban bekas. Nantinya akan ban bekas tersebut terlebih dahulu dimasukkan ke dalam pabrik untuk dikuliti dan diambil bahan utamanya, yaitu karet ban yang halus. Kemudian, diolah lagi menjadi banyak kerajinan unik.

Jangan salah loh, walaupun prosesnya yang rumit, kerajinan kreatif ini bisa dibilang sangat menguntungkan. Karena dari modal yang minim dan barang bekas, harga jual barang-barang ini berkisar Rp 60.000,- sampai Rp 75.000,-

Sofa


Siapa sangka ban bekas ternyata juga bisa disulap menjadi sofa cantik nan menawan. Properti yang biasanya terbuat dari kayu dan busa yang empuk ini ternyata bisa dibuat dari bahan bekas seperti ban.

Dengan memadukan ban bekas, kulit jok sisa dan diaplikasikan dengan modifikasi sedemikian rupa. Hasilnya sangat pas dan cantik. Ban bekas yang tadinya tak berguna, jadi memiliki nilai jual. Atau, kalau kamu mau beralih ke desain yang sedikit klasik dan lebih berkelas, kamu bisa menyulap ban bekas menjadi ottoman chair, loh!

Bagaimana nih? Menarik sekali bukan bisnis barang bekas satu ini? Jika kamu tertarik untuk mendirikan sebuah bisnis, mungkin bisnis barang bekas adalah salah satu yang harus Ada lirik. Kira-kira, jika ingin membangun bisnis dari barang bekas, barang bekas apa yang akan kamu pilih?

Biar makin asyik dalam mengelola keuangan dan pembayaran tagihan, unduh EasyPay Mobile di sini.

Tombol Aplikasi

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *