INI HALAMAN BLOG

Tips Kelola Gaji Agar Tidak Habis Saat Awal Bulan

Tips Kelola Gaji Awal Bulan Ala EasyPay

Permasalahan di masyarakat modern saat ini adalah kesulitan dalam mengelola gaji setiap bulan yang diterima. Hal buruk dapat terjadi jika gagal dalam mengelola gaji dengan baik dan bijak, contohnya adalah sudah kehabisan uang padahal baru awal bulan!? Hal tersebut disebabkan karena boros dalam membelanjakan uang dan membeli barang yang sifatnya konsumtif seperti baju mewah, tas mahal, makan di restoran mewah, nongkrong di kafe dan lain-lain.

Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk cek tips jitu dari EasyPay supaya pandai mengelola gaji Anda!

Hal buruk seperti itu tentu bisa diatas dengan cara pengelolaan uang yang benar. Berikut EasyPay berikan beberapa tips jitu untuk Anda supaya tidak kehabisan gaji sebelum pertengahan bulan, lebih-lebih bisa digunakan untuk menabung. Apa saja? Yuk simak tips berikut ini:

 
Pahami dan Ketahui Pendapatan Bersih Tiap Bulan
 
Seperti dilansir oleh Nerdwallet, sebelum membuat catatan pengeluaran (budget plan), ketahui dulu jumlah pendapatan bersih atau neto setiap bulan. Pastikan estimasi jumlah pendapatan yang hendak Anda gunakan tersebut telah dipotong bayaran tetap seperti pajak, iuran asuransi, atau keperluan bisnis. Dengan langkah awal ini, Anda mengurangi kemungkinan perhitungan meleset. Jangan sampai salah estimasi ya!
 
Buat Anggaran Pengeluaran Pasti
 
Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja Anda.
 
Segera Bayar Tagihan
 
Saat mendapatkan gaji, hal pertama yang Anda pikirkan sudah pasti bayar tagihan. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini betul penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Tahapan ini dapat membantu Anda karena dapat membuat Anda lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.
 
Metode 3-Category Budget
 
Forbes merekomendasikan 3-Category Budget. Umumnya seseorang hanya menghabiskan uangnya untuk tiga ketegori kebutuhan dan keinginan prioritas, misalnya pakaian, hiburan, dan makan di restoran. Dengan mengetahui dan memprioritaskan tiga kategori yang paling sering dikeluarkan, Anda bisa mengendalikan pengeluaran. Artinya sambil mencukupi kebutuhan hiburan, Anda tetap memangkas pengeluaran dan mengelola gaji bijak dan efektif.
 
Jangan Lupa Dengan Metode 50/30/20
 
Metode tersebut memaparkan masing-masing gaji dialokasikan sebesar 50% untuk keperluan, 20% untuk tabungan jangka panjang, dan 30% untuk gaya hidup. Dengan estimasi alokasi tersebut, Anda bisa membagi secara ideal pengeluaran untuk keperluan sehari-hari sambil menabung. Di samping metode tersebut, yang selalu menjadi kunci keberhasilan pengelolaan gaji, yakni konsistensi. Pastikan metode tersebut tak hanya Anda terapkan pada bulan pertama, melainkan dipertahankan pada bulan-bulan berikutnya
 
Yuk menabung!
 
Jika selama ini Anda terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting. Jika tujuan Anda mengelola gaji adalah menabung, pastikan Anda menyelamatkan alokasi tabungan itu segera setelah memperoleh gaji.

Memiliki Penghasilan Tambahan
 
Terkadang, gaji yang diberikan oleh perusahaan kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di rumah Anda. Entah itu karena tuntutan zaman, atau memang karena harga kebutuhan pokok yang semakin menjulang tinggi akhir-akhir ini. Dari sinilah banyak karyawan tetap yang menginginkan penghasilan tambahan selain pekerjaan tetapnya. Cara mendapatkan penghasilan tambahan yaitu tentu saja dengan membuka usaha sampingan kecil-kecilan. Usaha sampingan ini umumnya tidak dilarang oleh sebagian besar perusahaan, selama usaha tersebut tidak bertentangan dengan peraturan. Yuk, mulai usaha sampingan dengan modal kecil dibantu dengan aplikasi EasyPay Mobile! Anda dapat menjual berbagai macam produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan lainnya dengan menjadi Agen EasyPay. Caranya pun mudah, tinggal download dan top up sesuai dengan modal usaha yang Anda miliki, Anda sudah dapat berjualan produk digital dengan harga termurah! Dibantu dengan layanan CS 24 jam siap melayani kebutuhan bertransaksi Anda. Tunggu apalagi? Yuk download sekarang!
 

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *