INI HALAMAN BLOG

Mengenal Deretan Accounting Software yang Banyak Digunakan Oleh Bisnis Kecil

invoice
Illustrasi invoice (Pexels.com)

Cashflow adalah komponen paling penting dalam sebuah bisnis. Jika arus kas tidak diatur dengan sedemikian rupa, maka hal yang tak diinginkan kemungkinan akan terjadi. Salah satunya adalah kegagalan dalam berbisnis. Dilansir dari laporan Fundera, lebih dari 80 persen bisnis startup mengalami kegagalan dikarenakan strategi cashflow yang salah.

Sayangnya, sebagian besar dari startup di Indonesia (bahkan di seluruh dunia) tidak memiliki ahli dalam bidang akuntansi. Bisa dibilang hanya beberapa persen startup saja yang mampu untuk merekrut seorang ahli dalam bidang keuangan. Sebagian besar lagi, tentunya hanya mampu merekrut seseorang yang memiliki kemampuan menengah.

Baca juga: Biaya Ini Harus Kamu Pikirkan Sebelum Membangun Startup

Tapi harusnya, hal tersebut tak seharusnya menjadi halangan untuk tetap memajukan bisnis kamu karena di zaman digitalisasi seperti saat ini, banyak aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan untuk kemajuan bisnis kamu. Apalagi jika saat ini bisnis kamu sudah merangkak naik dan mulai harus memfokuskan diri dengan arus keuangan yang masuk dan keluar.

Nah, jika kamu saat ini sedang mencari aplikasi keuangan dengan fitur yang lengkap, kamu berada di artikel yang tepat. Karena saat ini, kami akan Mengulas beberapa accounting software terbaik untuk merencanakan keuangan yang baik dan sehat untuk bisnis kecil

QuickBooks Online


Aplikasi QuickBooks Online (QBO) merupakan salah satu accounting software paling terkenal di dunia. Hal ini dikarenakan QBO memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk berbagai bisnis dari segala bentuk dan ukuran. Jadi, jika bisnis kamu merupakan bisnis tunggal, maka kamu direkomendasikan menggunakan QBO, karena accounting software satu ini dapat digunakan sebagai S-Corp dan C-Co.

Sayangnya, paket QBO dinilai sedikit lebih mahal dibandingkan dengan accounting software lainnya. kamu harus membayar US$ 17 hingga US$ 60 perbulannya. Jika kamu ingin mencoba aplikasi ini, kamu dapat menggunakan paket yang berharga US$ 17 dan US$ 20. Kedua paket ini merupakan paket khusus para wiraswasta yang ditawarkan oleh QBO.

Xero


Accounting Software
kedua bernama Xero. Xero adalah accounting software yang dikenal telah merevolusi sistem perangkat akuntansi. Xero diciptakan untuk para Akuntan muda yang masih dalam tahap pembelajaran.

Software ini dikembangkan untuk memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin. Xero bahkan mengklaim bahwa ia telah membawa solusi mudah agar penggunanya tidak kikuk saat menggunakannya pertama kali. Tugas akuntansi yang sulit seperti pembukuan kamu dapat disederhanakan oleh Xero. Sehingga, bagi kamu pemilik usaha pemula tidak perlu khawatir jika kamu tidak memiliki pengalaman di bidang keuangan sama sekali. Bahkan, jika kamu butuh, vendor akan menawarkan Advisor bersertifikat untuk mengajarkan kamu pengaturan keuangan secara mendetail. Dengan ini, kamu dapat memaksimalkan sistem cashflow di perusahaan yang sedang kamu bangun.

Untuk harga, Xero memiliki beberapa variasi dimulai dari US$ 9, US$ 25, hingga UUS$ 60 per bulannya. Jika kamu mengambil paket premium, maka kamu akan mendapatkan fitur-fitur seperti faktur, tagihan, penawaran, dan bahkan transaksi dalam bentuk mata uang yang berbeda. Serunya lagi, aplikasi ini dapat kamu coba secara gratis dalam waktu 30 hari!

FreshBooks


FreshBooks
memiliki merupakan accounting software yang menawarkan fitur yang cukup mudah untuk digunakan oleh usaha kecil menengah. Aplikasi satu ini mampu melacak pendapatan secara otomatis, pengingat untuk pembayaran, menyederhanakan proses persiapan penggajian dan bahkan menawarkan alat kolaborasi untuk merampingkan proses akuntansi untuk pemilik usaha kecil.

Selain itu, FreshBook juga dapat mengatasi masalah faktur pajak untuk semua projek yang menjadi pekerjaan utama dalam mengelola keuangan. Dengan cara ini, kamu dapat mengelola keuangan lebih efektif dan efisien.

Untuk urusan harga, FreshBook dipatok dengan harga US$ 15 hingga US$ 50 per bulannya. Jika kamu ingin mendapatkan diskon, maka kamu bisa memilih paket yang dibayarkan per tahunnya.

Jurnal.id


Jika ketiga accounting software lainnya berasal dari luar negeri, perangkat akuntansi yang satu ini justru berasal dari bangsa sendiri. Yap, Jurnal.id! Mungkin beberapa dari kamu sudah familiar dengan accounting software cloud yang menjadi satu terobosan terbaru dalam sistem akuntansi di Indonesia. Jurnal.id sendiri memiliki banyak fitur-fitur unggul yang lebih baik ketimbang accounting software tradisional yang dimiliki beberapa perusahaan di Indonesia. Salah satunya adalah sistem enkripsi yang keamanannya sangat terjamin.

Baca juga: Sedang Naik Daun, Ini Dia Jenis Fintech yang Ada di Indonesia

Untuk masalah harga, Jurnal.id tentu masih lebih menang ketimbang accounting software lainnya, yaitu Rp 149.000,- hingga Rp 399.000,- per bulannya. Spesifikasi fitur akan berbeda sesuai dengan paket yang akan kamu ambil.

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *