INI HALAMAN BLOG

Rayakan Meriahnya Imlek Dengan Hemat Ala EasyPay!

Woman With Red Dress
Illustrasi wanita dengan cheongsam (Pexels.com)

Sobat EasyPay, sama seperti tahun baru biasa, tahun baru tanggalan China atau sering disebut dengan Imlek juga pastinya dirayakan dengan meriah. Pernak-pernik perayaan Tahun Baru Imlek seperti lampion dan atraksi barongsai menjadi salah satu ikon penting yang mewarnai pusat perbelanjaan di berbagai kota. Hiasan Imlek berwarna merah juga menjadi salah satu hal yang ‘wajib’ ada dalam perayaan ini. Eits… tak sampai disitu, Tahun Baru China juga dihiasi dengan diskon-diskon yang bertebaran di seluruh website dan pusat perbelanjaan.

Sayangnya nih, diskon-diskon tersebut justru terkadang menjadi racun buat kantong. Enggak cuma bikin tipis terkadang promosi yang menjamur membuat kantong kosong. Belum lagi jika kamu harus memberikan angpao kepada sanak saudara yang belum menikah. Duh, amsyong!

Oleh karena itu, kita harus bisa menjadi seorang smart-buyer atau pembeli yang cerdas. Kali ini, EasyPay akan memberikan beberapa tips paling jitu mengenai belanja hemat di hari raya Imlek. Penasaran?

Buang Barang yang Akan Membuatmu Overspending


Sobat EasyPay, perayaan Imlek memang harus dimeriahkan dengan barang-barang cantik serta makanan tradisional yang beragam. Namun, perlu diperhatikan bahwa terkadang barang-barang tertentu justru membuatmu
overspending atau mengeluarkan uang yang berlebihan.

Untuk itu, biar enggak overspending, coba deh periksa satu per satu lagi barang mana yang wajib kamu beli dan yang bisa kamu tunda. Misalnya saja, pernak pernik yang berlebihan atau baju baru tahun baru China. Well, kalau hal tersebut bisa bikin overspending dan ujung-ujungnya enggak akan dipakai lagi ngapain juga harus dibeli?

Batasi Penggunaan Kartu Kredit


Hayoo… siapa disini yang sering membayar apapun termasuk belanjaan Imlek dengan kartu kredit? Walaupun keberadaannya dianggap membantu, namun jika kamu gunakan secara berlebihan kartu kredit bisa jadi bumerang buat dirimu sendiri.

Maka dari itu, batasilah penggunaan kartu kredit saat belanja ketika Imlek. Kemudahan kartu kredit bukanlah digunakan untuk berfoya-foya melainkan mempermudah pembayaran. Saran aja sih, mungkin kamu bisa gunakan debit atau uang tunai agar anggaranmu lebih teratur.

Buat Rekening Terpisah


Selama hari raya Imlek, ada baiknya kamu membuat rekening terpisah. Menggunakan satu rekening bank terpisah untuk digunakan selama satu bulan akan membuatmu lebih mudah mengontrol pengeluaran.


Jika uang di dalam tabungan sudah habis, itu berarti waktunya bagimu untuk berhenti membuat pengeluaran. Berusahalah untuk membedakan rekening bank untuk pengeluaran dan rekening bank untuk tabungan.

Baca juga : Alasan Mengapa Orang Indonesia Masih Enggan Membuka Rekening Bank

Jika kamu tak memiliki banyak rekening, masukan jumlah uang yang ingin kamu gunakan saat perayaan Imlek. Bedakan uang tersebut menjadi tiga hingga empat amplop, seperti belanja baju, pernak-pernik, makanan, dan amplop untuk bagi-bagi angpao.

Pastikan Semua Belanjaanmu Masuk Anggaran


Kalau tips ini tentunya akan kembali ke dirimu sendiri. Bejanja boleh-boleh saja, tapi pastikan harga belanjaanmu masuk ke anggaran. Tips jitunya buatlah tiga level anggaran, misalnya level oke, boleh, dan jangan.

Baca juga: Ternyata Kesalahan Ini Sering Dilakukan Wanita Dalam Mengelola Keuangan

Level oke adalah ketika barang tersebut masuk ke anggaran belanjaanmu dan bahkan lebih mudah. Level boleh adalah ketika kamu sudah melebihi namun masih masuk dalam anggaranmu. Level jangan adalah ketika barang tersebut diluar anggaranmu. Jangan sampai peraturan ini kamu langgar, karena hal tersebut akan memengaruhi keadaan keuanganmu sebulan atau setahun ke depan.

Gunakan Aplikasi Pengatur Uang


Di zaman yang serba digital seperti sekarang, mudah bagimu untuk selalu menggunakan seluruh aplikasi keuangan. Salah satunya adalah aplikasi pengatur keuangan dalam sebulan. Beberapa aplikasi ini bahkan menawarkan layanan untuk mengetahui saldo rekeningmu sehingga kamu tahu berapa jumlah uang yang sudah kamu belanjakan.

Aplikasi yang terhubung dengan rekeningmu bahkan bisa tahu sisa saldo yang kamu miliki. Keren kan? Nah, biar enggak kebablasan, mendingan kamu mulai gunakan aplikasi ini saat hari raya besar agar lebih bisa mengatur pembelanjaan.

Baca juga: Bisnis Pulsa di EasyPay Lebih Untung!

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

1 thought on “Rayakan meriahnya Imlek Dengan Hemat Ala EasyPay”

  • Greetings! I’ve been following your web site for a long time now and finally got the courage to go ahead and give
    you a shout out from Houston Tx! Just wanted to mention keep up the fantastic job!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 thoughts on “Rayakan meriahnya Imlek Dengan Hemat Ala EasyPay”

  • Greetings! I’ve been following your web site for a long time now and finally got the courage to go ahead and give
    you a shout out from Houston Tx! Just wanted to mention keep up the fantastic job!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *