INI HALAMAN BLOG

Serba Serbi Tentang Cashback yang Wajib Kamu Ketahui

Illustrasi wanita dengan kartu kredit (Pexels.com)

Sobat EasyPay, coba jujur sama EasyPay, ketika kamu memilih sesuatu apa yang menjadi salah satu pertimbanganmu selain harga? Salah satunya pasti adalah promo yang diberikan, setuju?

Secara umum, promo yang sering kita temui ada dua, yaitu cashback dan juga diskon. Tapi sayang sekali, ada banyak orang yang masih salah kaprah mengenai definisi cashback. Ada yang mengira cashback adalah pengurangan harga, atau malah special price. Padahal, cashback memiliki arti yang sangat berbeda dengan pengurangan harga. Walaupun nantinya uang yang kamu kumpulkan bisa kamu gunakan untuk mengurangi harga pembelian.

Daripada bingung, ya, mendingan baca ulasan EasyPay mengenai cashback yang satu ini!

Definisi Cashback  


Arti Cashback sendiri adalah penawaran di mana kamu sebagai pembeli akan diberikan pengembalian uang tunai atau uang virtual dari persentase yang sudah diatur oleh penyedia layanan. Uang tersebut tentunya bisa didapatkan ketika kamu memenuhi syarat yang diberikan. Misalnya saja, minimal pembelian 50.000,- akan diberikan cashback sebanyak Rp 10.000,-

Baca juga : 3 Alasan Mengapa Pembayaran Menggunakan Uang Tunai Masih Penting Sangat Diperlukan

Sebagian besar promosi cashback saat ini biasanya tidak benar-benar berupa uang tunai yang langsung ke tangan pembeli. Pihak penyedia layanan cashback akan memberikan uang tersebut dalam bentuk deposit yang nantinya bisa kamu ambil dengan nominal tertentu.

Cara ini sebenarnya dilakukan agar kamu terus melakukan pembelian di layanan yang menyimpan depositmu. Di beberapa layanan, bahkan mereka memberikan tenggang waktu penggunaan cashback.

Jenis-jenis Cashback 


Pada umumnya, ada tiga jenis cashback yang sering kita temui:

Cashback Kartu Kredit


Cashback pertama yang sering didapatkan berasal dari kartu kredit. Cashback ini merupakan salah satu program yang dikeluarkan oleh suatu bank tertentu untuk memberikan keuntungan pada para penggunanya. Bank penerbit kartu kredit yang akan memberikan pengembalian sejumlah uang atau limit jika kamu mencapai nominal tertentu. Semakin besar jumlah uang yang kamu keluarkan, maka semakin besar juga cashback yang kamu dapatkan.

Bahkan saat ini beberapa bank sudah mengeluarkan kartu kredit cashback, yaitu kartu kredit yang khusus memberikan cashback tertentu, tetapi kembali lagi syarat-syaratnya tetap harus dipenuhi.

Cashback E-commerce atau toko online

 

Kalau cashback yang satu ini, pasti kamu sudah sangat familiar, ya. Gimana nggak? Hampir seluruh e-commerce di Indonesia pasti menggunakan promo ini. Promosi cashback online shop biasanya bukan berupa pengembalian uang tunai langsung melainkan pihak toko akan memberikan cashback untuk kamu gunakan pada pembelanjaan berikutnya di online shop yang sama. Jadi untuk pembelian selanjutnya kamu akan mendapatkan potongan harga sebanyak cashback yang kamu kumpulkan. Jumlah cashback yang kamu dapatkan, akan ditentukan oleh pihak toko online tersebut.

Cashback Property

 

Untuk jenis promo cashback yang ketiga ini mungkin sedikit berbeda dengan cashback lainnya dan sedikit kurang familiar di telinga. Cashback property sendiri merupakan suatu program yang dikeluarkan oleh suatu developer property untuk memberikan keuntungan di mana mereka akan memberikan cashback jika konsumen membeli property yang mereka jual. Biasanya developer property akan memberikan cashback dalam bentuk barang sebagai pelengkap property yang dibeli, misalnya TV, AC, Lemari Es, dll.

Bahkan ada beberapa developer yang memberikan cashback berupa kendaraan bermotor, yaitu sepeda motor jika harga property tersebut cukup besar. Promo ini terbukti cukup ampuh untuk menjaring konsumen, karena konsumen menganggap ia akan mendapatkan pengehmatan setelah membeli property yang harganya cukup tinggi karena akan mendapatkan cashback yang cukup besar pula.

Suka dengan artikel ? Bagikan ke orang terdekat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *