INI HALAMAN BLOG

Alasan Kamu Harus Membangun Usaha Sendiri

Teknik S.M.A.R.T.
Tidak terasa semakin dekat saja kita akan menyambut tahun baru. Dalam menyambut tahun baru, banyak dari kita pasti berencana atau sudah terfikirkan untuk membuat resolusi-resolusi yang akan dicapai pada tahun mendatang. Resolusi tahun baru dapat dijadikan sarana bagi kita untuk merefleksikan diri kita akan apa yang sudah diraih selama satu tahun dan apa yang ingin dicapai tahun-tahun berikutnya. 
 
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyusun resolusi tahun baru tersebut. Berikut salah satu teknik yang dikenalkan oleh George T. Doran yang disebut sebagai S.M.A.R.T. yaitu Specific, Measurable, Assignable, Realistic, dan Time-related, yang dapat membantu Anda menyusun resolusi-resolusi yang diinginkan.
 
Specific (Spesifik)
 
Resolusi yang baik adalah resolusi yang spesifik atau dalam pengertian lain jelas dan tidak ambigu. Anda harus dapat menargetkan resolusi pada suatu hal yang jelas guna untuk kemajuan diri Anda. Seperti “saya mau menabung 20 juta selama 6 bulan” bukan “saya mau banyak menabung tahun ini”.
 
Measurable (Dapat Diukur)
 
Pastikan resolusi yang hendak Anda lakukan dapat diukur, maksudnya adalah terdapat progress yang dapat Anda jadikan sebagai indikator seberapa jauh yang sudah dilaksanakan. Sebagai contoh, Anda dapat membuat list perubahan yang akan dilakukan dan perubahan yang sudah dilakukan. Setelah itu, Anda dapat mengevaluasinya kembali.
 
Assignable
 
Selain harus spesifik, Anda juga harus yakin bahwa Anda-lah orang yang dapat mewujudkan resolusi tersebut. Anda juga dapat dengan jelas memaparkan siapa yang bisa membantu Anda dalam meraih resolusi-resolusi tersebut.
 
Realistic
 
Anda harus memastikan bahwa resolusi yang anda rencanakan memiliki tujuan yang baik dan tepat untuk diri sendiri. Anda juga dapat memaparkan hasil atau tujuan apa yang Anda harapkan dalam resolusi Anda, serta cara dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk mencapai resolusi tersebut.
 
Time-related
 
Anda harus memikirkan waktu yang dibutuhkan dalam mencapai resolusi tersebut, sehingga Anda dapat selalu focus untuk mengejarnya. Mulai dari resolusi yang sifatnya sederhana lalu ke yang besar sehingga yang Anda pikirkan hanyalah soal periode waktu akan tiap resolusi yang Anda lakukan.
 

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *