INI HALAMAN BLOG

TIPS Merdeka Finansial! Buat Para Fresh Graduate

Merdeka Finansial
Merdeka Finansial EasyPay
#1 Menabung Prioritas Pertama
Semua pasti Ingat pepatah yang sering didengar waktu kecil “Rajin Menabung Pangkal Kaya”. Yaa itu sangat benar loh, jadikan menabung sebagai kebiasaan, hindari pemborosan hanya karena nafsu impulsif belaka. Caranya adalah, kamu harus selalu mengalokasikan pertama kali uang yang kamu dapatkan untuk menabung! Jumlahnya dapat kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan kamu, tapi biasanya nih para financial planner menyebut proporsi uang yang kamu alokasikan untuk tabungan adalah minimal 30 – 50% dari uang yang kamu dapatkan. Menabung dapat dilakukan dalam rekening terpisah atau media penyimpanan uang lainnya, supaya tabungan kamu tidak bercampur dengan pengeluaran harian kamu. Alasan mengapa menabung harus menjadi prioritas adalah karena kamu harus memiliki dana darurat di saat terdapat pengeluaran rutin harian. Jadi, yuk stop hidup boros dan mulailah menabung! Gak ada kata terlambat untuk menabung loh.
 
#2 Buat Anggaran Pribadi yang Sesuai
Selalu tertib mencatat pengeluaran dan pemasukan setiap hari merupakan langkah awal untuk membuat anggaran pribadi yang sesuai. Kamu jadi dapat mengetahui berapa banyak pengeluaran yang kamu butuhkan tiap bulannya. Selanjutnya, kamu dapat membuat budget pengeluaran harian yang sesuai. Nah, jangan sampai pengeluaran kamu melebihi budget yang sudah kamu tetapkan loh, hal ini memang membutuhkan komitmen yang tinggi dan bersikap dewasa ketika mengeluarkan uang tapi hasilnya bisa dirasakan di masa depan. Jadi, untuk para millennials nih yuk dimulai!
 
#3 Kuatkan Hati akan Godaan
Ini nih yang harus diperhatikan. Coba deh ditahan nafsu untuk membeli barang-barang impulsive seperti tas, sepatu, baju, gadget, dan lain-lain. Biasanya barang seperti ini sebenarnya tidak memiliki nilai manfaat yang banyak buat kamu. Daripada kelebihan uang yang kamu punya dibelikan barang-barang tersebut, mendingan kamu tabung dan dijadikan modal usaha di masa depan. Nilai uangnya menjadi jauh lebih bermanfaat dan dapat bertambah nilainya, daripada membelanjakan uang tersebut dan nilainya menjadi semakin turun. Keinginan untuk belanja melebihi anggaran, biasanya akan muncul seiring dengan proses menabung karena jumlah tabungan yang terus semakin besar.
 
#4 Jangan Ragu dengan Tawaran Menjadi Pekerja Lepas
Jangan buang waktu kamu untuk menunggu panggilan interview dari perusahaan yang kamu idamkan. Kamu bisa mulai dengan mendaftarkan diri sebagai pekerja lepas atau freelance yang tidak harus bekerja di kantor setiap hari. Justru jaman sekarang sudah banyak yang menjadi pekerja lepas di beberapa perusahaan ternama dan berpenghasilan ganda.
 
#5 Mulai Menjalankan Usaha
Hasil tabungan bisa jadi modal usaha kamu nih. Bayangkan jika kamu rajin menabung sejak dini, berapa nominal uang yang dapat kamu jadikan modal usaha yang dapat menghasilkan uang yang lebih banyak lagi. Jika kamu masih bingung mau usaha apa, kamu bisa mulai usaha dengan modal yang kecil seperti menjadi reseller suatu barang, jualan pulsa, buka warung kecil, dan lainnya. Ingat, tidak ada jenis usaha yang jelek! Asalkan kamu mau berusaha maksimal dan tetaplah focus. Peganglah prinsip “Uang bekerja untuk saya” bukan “Saya bekerja untuk uang”.
 
Nah, sekarang kamu sudah paham nih, cara menjadi #MerdekaFinansial ala EasyPay. Kamu juga bisa loh mendapatkan penghasilan tambahan dengan aplikasi EasyPay dengan berjualan pulsa, paket data, voucher game, token listrik, dan lainnya! Caranya mudah cukup dengan mendownload EasyPay, kamu langsung dapat harga paling murah dan EasyPay akan merekomendasikan harga jual kepada pelanggan kamu sesuai dengan harga pasar, gimana? mudahkan! Yuk langsung download di Google Play.
 

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *