INI HALAMAN BLOG

TIPS Merdeka Finansial! Buat Para Pasangan Muda

Merdeka Finansial Pasangan Muda

Banyak hal penting yang harus dipikirkan usai menikah karena hal yang terjadi sebelum dan setelah menikah pasti sangat berbeda. Dan salah satu hal yang harus direncanakan secara matang-matang adalah perencanaan keuangan.

Kematangan dalam mengatur keuangan menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berumah tangga. Dengan perencanaan keuangan yang matang, dijamin kamu sukses membangun keluarga yang harmonis.

Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan khususnya untuk para pasangan muda yang baru saja melangsungkan pernikahan? Berikut tips Merdeka Finansial EasyPay untuk membantu para pasangan muda dalam mengatur keuangan.

#1 Rekening Bersama atau Masing-Masing?
Tentukan rekening yang akan dipakai dalam berkeluarga, apakah rekening bersama atau rekening masing-masing. Rekening bersama juga dapat menjadi alasan bagi pasangan muda untuk menabung. Rekening masing-masing membantu kamu dan pasangan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tidak bisa dipenuhi dari rekening bersama.
 
#2 Sisihkan Minimal 10-20 Persen Penghasilan Untuk Tabungan
Menabung guna menyusun kebutuhan dana darurat adalah sangat penting. Kebutuhan dana tersebut paling tidak 6 kali dari kebutuhan rutin keluarga. Sebagai contoh, kebutuhan rutin bulanan Rp 3 juta, berarti tabungan disarankan sebanyak Rp 18 juta. Tips untuk bisa lancar menabung adalah dengan memangkas kebutuhan yang sifatnya tersier, gaya hidup, dan rekreatif. Adapun tips dari EasyPay untuk mengelola keuangan dapat dibaca pada blog berikut ini https://easypay.co.id/strategi-mengatur-keuangan-dari-sang-ahli/
 
#3 Perlunya Membahas Tujuan Keuangan
Seusai menikah, pasangan muda sebaiknya sudah mulai memiliki tujuan keuangan yang spesifik. Jika belum memiliki rumah, kamu dan pasangan bisa mengumpulkan dana untuk pembelian rumah (down payment). Jika berencana memiliki anak, bisa mengumpulkan biaya untuk proses kelahiran dan sekolah. Bagaimana itu semua dapat terwujud? Tentu menabung saja tidak cukup atau dapat memakan waktu yang sangat lama. Mulailah berinvestasi! 
 
#4 Siapkan Proteksi Keuangan serta Dana Darurat
Umumnya, dana darurat digunakan untuk kebutuhan yang sifatnya tidak terduga seperti penyakit, musibah, kecelakaan, dan lainnya. Supaya kamu tidak pusing ketika menghadapi permasalahan tersebut, kamu dan pasangan bisa mengikuti program asuransi yang dapat membantu mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa mengikuti program asuransi seperti asuransi kesehatan, pendidikan anak, asuransi jiwa, dan lainnya.
 
#5 Jadikan Satu Hari Sebagai Money Meeting
Money Meeting biasanya dilaksanakan pada akhir pekan. Dalam cara ini, kamu dan pasangan berdiskusi tentang keuangan kamu dalam satu bulan, apakah ada tagihan bulan depannya, bagaimana proses kamu dan pasangan dalam mencapai tujuan keuangan. Tidak hanya itu, cara ini juga dapat memperkuat hubungan kamu dan pasangan loh karena meningkatnya level keterbukaan dan kejujuran dalam hubungan kamu.
 
#6 Cermat dan Teliti Dalam Menentukan Anggaran
Dalam mengatur anggaran keuangan, kamu dan pasangan harus cermat dan jeli dalam memanfaatkan uang. Utamakanlah kebutuhan pokok dalam rumah tangga dan jangan terlalu boros dalam mengeluarkan uang. Pilih dengan cermat dalam membeli kebutuhan pokok kamu dan pasangan seperti listrik, pulsa, PDAM, dan lainnya. Tetapi, semua bisa terbantu apabila kamu dan pasangan memiliki penghasilan tambahan. EasyPay bisa bantu kamu mendapatkan penghasilan tambahan dengan berjualan produk digital seperti pulsa, paket data, token listrik, dan lainnya. Cukup mendownload aplikasinya dan melakukan top up, kamu sudah bisa berjualan ke komunitas atau lingkungan terdekat kamu. Prosesnya sangat simpel dan mudah bukan? Yuk download aplikasi EasyPay sekarang juga!

Like this article ? share to people you know

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *